BNN DAN BRI LANJUTKAN SINERGI

0
99

Penanggulangan masalah narkoba harus dilakukan dengan serius dan melibatkan seluruh komponen bangsa termasuk pihak perbankan. Pada hari ini, Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia untuk bekerja sama dalam rangka mengatasi masalah narkoba sesuai tupoksinya masing-masing.

Sebelumnya, BNN dan BRI telah menjalin kerja sama dalam bidang P4GN mulai tahun 2015 hingga 2017. Kini, BNN dan BRI melanjutkan kerja samanya yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama, di Kantor BRI pusat, Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Adapun ruang lingkup kerja sama ke depan antara lain ; pertama, penyebarluasan informasi tentang P4GN. Kedua peningkatan peran serta BRI sebagai penggiat anti narkoba. Ketiga, pelaksanaan tes atau ujian narkoba di lingkungan BRI atas permintaan BRI. Keempat, peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang P4GN melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, dan terakhir adalah pertukaran data dan informasi terkait P4GN.

Di samping penandatangan nota kesepahaman, Biro Keuangan BNN dan Direktorat Kelembagaan BRI telah menandatangani perjanjian kerja yang meliputi ; layanan belanja pegawai, penyediaan dan pemanfaatan jasa perbankan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di pihak BRI.

Menanggapi kerja sama yang telah dibangun sebelumnya, Kepala BNN, Drs. Budi Waseso menyampaikan apresiasinya pada BRI yang telah memberikan kontribusi dalam melaksanakan P4GN. Melalui kerjasama ini, BNN sangat berharap BRI dapat terus mendukung upaya penanganan narkoba.

Khususnya di bidang pemberantasan, pihak BRI diharapkan menjadi salah satu benteng untuk mengawasi transaksi keuangan yang dicurigai sebagai transaksi peredaran narkoba. sebagaimana diketahui bahwa bandar narkoba seringkali memanfaatkan jasa keuangan dalam melancarkan bisnisnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY